Minggu, 02 Juni 2013

Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net



 Pemograman Penjualan Dengan Menggunakan Visual Basic Disertai Listview


Desain form seperti ini:












LISTING PROGRAM





Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
BuatTabel()
Kde_brg.Items.Add("001")
Kde_brg.Items.Add("002")
Kde_brg.Items.Add("003")
Kde_brg.Items.Add("004")

Kde_brg.Items.Add("005")
Kde_brg.Items.Add("006")
Kde_brg.Items.Add("007")
Kde_brg.Items.Add("008")

    End Sub
    Sub BuatTabel()
Lv.Columns.Add("Kodebarang", 80, HorizontalAlignment.Center)
Lv.Columns.Add("NamaBarang", 80, HorizontalAlignment.Left)
Lv.Columns.Add("HargaBarang", 80, HorizontalAlignment.Left)
Lv.Columns.Add("JumlahBeli", 90, HorizontalAlignment.Left)
Lv.Columns.Add("Total", 90, HorizontalAlignment.Left)
Lv.View = View.Details
Lv.GridLines = True
Lv.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub IsiTabel()
        Dim LstAs New ListViewItem
Lst.Text = Kde_Brg.Text
Lst.SubItems.Add(Nma_Brg.Text)
Lst.SubItems.Add(Harga.Text)
Lst.SubItems.Add(Jmlah_bli.Text)
Lst.SubItems.Add(Total.Text)
Lv.Items.Add(Lst)
    End Sub

    Private Sub Kde_brg_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kde_brg.SelectedIndexChanged
        Dim x As Integer
        x = Microsoft.VisualBasic.Right(Kde_brg.Text, 2)
        Select Case x
            Case "001"
Nma_Brg.Text = "Flashdisk"
            Case "002"
Nma_Brg.Text = "Mouse"
            Case "003"
Nma_Brg.Text = "Modem"
            Case "004"
Nma_Brg.Text = "Kyboard"
            Case "005"
Nma_Brg.Text = "Mp3 Player"
            Case "006"
Nma_Brg.Text = "Card Rider"
            Case "0037"
Nma_Brg.Text = "Joystick"
            Case "0048"
Nma_Brg.Text = "Kamera Digital"
        End Select
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(Kde_brg.Text, 3)
        Select Case x
            Case "001"
Harga.Text = "40,000"
            Case "002"
Harga.Text = "250,00"
            Case "003"
Harga.Text = "150,000"
            Case "004"
Harga.Text = "45,000"
            Case "005"
Harga.Text = "50,000"
            Case "006"
Harga.Text = "30,000"
            Case "0037"
Harga.Text = "75,000"
            Case "0048"
Harga.Text = "700,000"
        End Select

    End Sub

    Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnProses.Click
Total.Text = (Harga.Text) * (Jmlah_bli.Text)
    End Sub

    Private Sub BtnSimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnSimpan.Click
IsiTabel()
Kde_brg.Text = ""
Nma_Brg.Text = ""
Harga.Text = ""
Jmlah_bli.Text = ""
Total.Text = ""
    End Sub

    Private Sub BtnHapus2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnHapus2.Click
Lv.Items.Remove(Lv.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub Btn_bersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btn_bersih.Click
Kde_brg.Text = ""
Nma_Brg.Text = ""
Harga.Text = ""
Jmlah_bli.Text = ""
Total.Text = ""
    End Sub

    Private Sub BtnKeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnKeluar.Click
        End
    End Sub

    Private Sub BtnHapus1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnHapus1.Click
Lv.Items.Clear()
    End Sub
End Class

HASIL PROGRAM
 
DEMIKIAN PENJABARAN CONTOH PROGRAM PENJUALAN SAYA

Nama : Maldini Yogi
NPM : 1111037
Kelas : TI-P1101




Tidak ada komentar:

Posting Komentar